Kali ini kami akan memperkenalkan berbagai macam makanan khas Kota Palembang, Sumatera Selatan. Siapa sangka kalau Palembang menyimpan berbagai ragam makanan khas yang menggoda selera. Jika yang kalian tahu kalau makanan khas Palembang hanya “pempek”, di wajibkan kamu membaca daftar 15 jenis makanan khas Palembang berikut ini.

1. MODEL

Model

Model adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari Sumatera Selatan, Kota Palembang. Model terbuat dari bahan – bahan berupa ikan tenggiri, tahu, tepung sagu dan juga telur. Untuk melengkapi rasa nikmat dari model, biasa nya disajikan dengan kuah udang yang gurih, di beri tambahan mentimun dan sohun/soun serta bawang goreng.

2. MIE CELOR

mie celor

Makanan khas Palembang satu ini bisa di sebut saudara jauh dari mie Aceh, karena mie celor akan di isi dengan mie dan kuah santan kaldu ebi. Namun untuk porsi lengkap mie celor, akan ada tambahan seperti, tauge, kucai, daging udang, dan telur. Mie celor ini adalah menu yang sangat terkenal dan bisa di katakan menu favorit masyarakat Palembang. Mie celor juga bisa di makan sebagai menu sarapan pagi, makan siang atau sebagai hidangan tambahan jika kalian sedang ngidam.

3. OTAK – OTAK

otak otak palembang

Kuliner Otak – otak sudah sangat dikenal di masyarakat luar. Pada normal nya otak – otak asli terbuat dari bahan utama ikan tenggiri / gabus, namun dapat juga menggunakan bahan ikan lainnya seperti kakap / ikan yang berbahan dagingnya lembut. Kenikmatan akan bertambah jika di sajikan dengan bumbu kacang, jika di Palembang otak – otak di sajikan dengan kuah cuko merah. Selain rasa nya yang enak, otak – otak juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

4. LEMPOK

lempok palembang

Lempok memiliki tampilan yang mirip dengan dodol dari warna dan teksturnya yamg kenyal. Walau dikatakan mirip dengan dodol, akan tetapi lempok terbuat dari bahan utamanya adalah durian asli tanpa perasa durian buatan, sedangkan dodol akan dibuat dari tepung beras dan ditambah dengan perasa. Pembuatan lempok memakan waktu sedikit nya 4 jam. Setelah matang lempok akan di potong kecil – kecil dan diperjualbelikan, namun karena Lempok terbuat dari daging durian asli, tidak mengherankan jika harga nya bisa melambung tinggi.

5. LENGGANG

lenggang palembang

Lenggang dan pempek termasuk sama hanya cara pembuatannya lenggang saja yang sedikit unik, karena bahan pembuatan nya adalah tepung sagu dan ikan tengiri. Namun ada yang berbeda yaitu lenggang memiliki aroma sedang dan cita rasa khas setelah di panggang menggunakan daun pisang menggunakan arang sebagai medianya. Lenggang sama hal nya dengan pempek, dimakan dengan kuah cuko udang ebi. Soal rasa ga ada duanya loh, kalian bisa mencobanya langsung saat kalian berkunjung main ke kota Palembang.

6. TEKWAN

tekwan palembang

Hampir mirip dengan model, tekwan juga merupakan makanan yang diolah menggunakan ikan dan sagu. Namun perbedaan nya dengan model, tekwan tidak di isi dengan tahu. Tekwan biasa nya lengkap dengan tambahan seperti soun, bengkoang, potongan jamur kuping dan kuah udang.

7. LAKSAN

laksan palembang

Selain pempek yang fenomenal, laksan juga adalah makanan khas Palembang yang tidak kalah nikmat. Laksan akan di sajikan bersama dengan kuah bersantan layak nya lontong sayur, dengan warna kemerah – merahan, rasa nya sangat gurih dan nikmat. Selain di padukan dengan kuah yang unik, satu hal yang membuat laksan unik adalah bentuk nya yang oval.

8. CELIMPUNGAN

celimpungan

Nah Celimpungan ini masih saudaraan dengan Laksan dan menjadi pesaing pempek. Namun Celimpungan berbeda dengan kuah Laksan, kuah celimpungan lebih terlihat lebih kuning dan kental dan bentuk dari celimpungan nya juga berbeda, sedikit membulat. Rasa celimpungan sama sekali tidak terasa pedas, hanya saja ada rasa gurih dan nikmat di setiap suapannya.

9. BURGO

burgo palembang

Burgo juga adalah makanan khas Palembang yang sederhana. Jika di rasa dari bahan pembuatan nya hanya menggunakan tepung beras dan tepung sagu yang di beri siraman kuah santan. Yang membuatnya menjadi makanan mewah adalah topping nya menggunakan suiran ayam dan telur rebus.

10. LAKSO

lakso palembang

Lakso begitu terkenal di kalangan masyarakat Palembang, selain karena menjadi makanan unik yang tidak pernah di temui di kota lain lakso juga terkenal dengan bentuk nya yg unik. Bahan yang di gunakan pembuatan lakso adalah tepung sagu dan tepung beras yang di bentuk memanjang menjadi seperti mie meggulung dan menempel. Biasanya lakso akan di makan dengan kuah santan yang menggunakan kaldu ikan gabus yang kaya akan protein dan mudah didapat. Kuah nya agak berwarna kehijau – hijauan, rasa nya yang begitu enak dan sangat khas, sehingga banyak pula penjual lakso di palembang ada dimana – mana.

11. MARTABAK INDIA

Martabak HAR adalah martabak unik khas yang ada di Palembang dengan isiannya dari telur ayam atau telur bebek. Biasanya martabak HAR di santap dengan menggunakan kuah kari dengan isian kentang. Nama Maratabak HAR mempunyai arti tersendiri, karena makanan ini di ciptakan oleh Haji Abdul Rozak, yang merupakan keturunan India.

12. KEMPLANG

kemplang palembang

Kemplang bisa di sebut salah satu cemilan khas Palembang yang juga terkenal. Kemplang biasa nya berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan gabus. Kemplang makanan yang sejenis dengan kerupuk karena bentuk nya yang tipis dan memiliki rasa yang renyah dengan rasa khas ikan. Kemplang ada berbagai macam jenis, ada kemplang getas, kemplang koin, kemplang keriting dan kemplang mangkuk. Pembuatan kemplang ini biasa nya dengan cara di panggang dan di makan dengan saus sambal.

13. KUE DELAPAN JAM

kue delapan jam

Kue lapan jam, nama ny cukup unik untuk nama sebuah kue. Namun nama tersebut memiliki arti sendiri untuk kue ini, karena lama nya pembuatan kue lapan jam memakan waktu nya memang 8 jam. Walaupun membuatnya lama, namun bahan – bahan nya bisa di temukan dengan mudah di sekitar kita, yaitu mulai dari telur bebek, susu kental manis, mentega dan gula pasir. Dengan telur bebek, kue ini membuat rasa nya beda dari kue-kue yang lain, karena kebanyakan kue lebih memilih menggunakan telur ayam dari pada telur bebek. Kue yang di makan dengan cara di kukus ini harus menggunakan banyak telur bebek, sehingga harganya terbilang cukup mahal dari segi bahan yang digunakan serta lama waktu pembuatannya sampai jadi.

14. KUE LAPIS KOJO

Sama seperti halnya kue lapis, kue ini berbentuk berlapis lapis dengan berbagai warna. Namun warna yang paling dominan pada kue ini adalah warna hijau. Yang membuat rasa enak dan unik kue lapis ini adalah telur bebek yang menjadi bahan utama pembuatan kue lapis kojo. Lapis kojo juga bisa di padukan dengan rasa durian, namun modal untuk membuat nya terbilang cukup mahal.

15. KUE SRIKAYA

kue srikaya palembang

Kue Srikaya bisa di bilang cemilan yang paling di kenal juga di kalangan masayarakat Palembang dan daerah luar lain nya. Proses pembuatan nya hanya menggunakan bahan berupa telur, santan dan gula saja. Kue srikaya biasa nya di padukan dengan ketan atau roti tawar untuk pengganti selai. Satu hal yang harus kalian ketahui, kue srikaya tidak memakai bahan seperti tepung, jadi rasa nya yang lembut memberikan sensasi berbeda di lidah.

Penutup

Nah inilah top 15 jenis makanan khas Palembang yang patut kalian coba rasakan sendiri saat kalian sedang berkunjung berwisata, kunjungan kerja, perjalanan untuk Dinas / instansi atau memang ingin kulineran. Mau tau lebih lagi tentang Kota Palembang?, pantau terus ya!. Terima Kasih.